Paru-paru manusia

Bagian Paru-Paru



¤Bronkus
Bronkus bercabang batang yang menghubungkan paru-paru kiri, paru-paru kanan, dan trakea. Bronkial terdiri dari tulang rawan, lapisan mukosa dan otot polos. Cartilage berfungsi sebagai kerangka bronkial lapisan mukosa menghasilkan lendir untuk menjebak partikel asing memasuki paru-paru, dan otot polos memungkinkan kita untuk bernapas secara otomatis tanpa disadari.


¤Bronkiolus
Bronkiolus adalah cabang bronkus yang bermuara di alveoli. Struktur bronkus tidak memiliki tulang rawan, silia, dan akhirnya terdiri dari bersilia berbentuk kubus jaringan epitel.


¤Alveolus
Alveoli yang mana pertukaran oksigen dan karbon dioksida difusi. Struktur alveolar terdiri dari membran tipis dan ada banyak kapiler darah. Dalam alveolar rilis darah karbon dioksida ke udara dan mengambil oksigen dari udara.


¤Pleura
Pleura adalah selaput yang melapisi paru-paru. Struktur kantong-seperti juga halus dan licin. Fungsi pleura adalah untuk mengurangi gesekan ketika paru-paru mengembang atau mengempis. Pleura terdiri dari dua lapisan, pleura parietalis dan pleura visceral. Ada cairan sedikit mengandung glikosaminoglikan antara kedua daerah.



¤Diafragma
Diafragma adalah serat otot yang membentuk perbatasan antara rongga dada dan rongga perut. Diafragma juga memainkan peran penting dalam proses pernapasan perut. Diafragma terdiri dari otot, pembuluh darah, dan saraf yang disebut saraf frenikus.



¤Trakea (Tenggorokan)
Trakea adalah tabung dengan panjang sekitar 5 inci yang menghubungkan laring ke bronkus. Trakea terdiri dari tulang rawan hialin berbentuk seperti huruf C dan dilapisi oleh epitel bersilia. Fungsi trakea adalah sebagai saluran pernapasan. Silia ditemukan dalam sel-sel epitel berfungsi untuk menangkap partikel asing dan membawanya ke faring sehingga dapat memasuki sistem pencernaan.



Moga bermanfaat
:)

Comments

Popular posts from this blog

Asam urat

Ginjal dan fungsinya

Fungsi jantung