Ciri mandul dan sebabnya.

Ciri mandul dan sebabnya


Kata mandul bisa menjadi salah satu kata yang menakutkan bagi beberapa pasangan, terutama bagi mereka yang sangat menginginkan kehamilan. Kemandulan sendiri dapat diartikan sebagai bentuk ketidakmampuan pasangan suami istri untuk mencapai kehamilan setelah melaksanakan hubungan seksual lebih dari setahun dan tidak menggunakan alat kontrasepsi sama sekali.
Dalam menangani kemandulan perlu dilakukan keseriusan dalam mengatasinya dan penyebab kemandulan itu bisa terjadi dari salah satu pihak (istri atau suami) atau bahkan dari keduanya.


Ciri-Ciri Wanita Mandul Dan Penyebabnya:
Untuk penyebab kemandulan sebagian besar adalah disebabkan faktor dari pria, seperti karena adanya masalah pada sperma.Pada seorang pria yang sudah dewasa, sperma secara terus menerus akan diproduksi. Proses pembuatan sperma ini dinamakan spermatogenesis dan sel yang belum belum terspesialisasi akan membutuhkan waktu kurang lebih 72-74 hari untuk dapat berkembang menjadi sel sperma yang matang dan siap untuk dapat membuahi sel telur. Dari testis kiri dan kanan sperma akan bergerak ke dalam epididimis yaitu satu saluran berbentuk gulungan yang terletak di puncak testis menuju ke testis belakang bagian bawah dan akan disimpan di dalam epididimis hingga tiba saatnya ejakulasi.
Prosesnya tidak hanya sampai di situ saja, dari epididimis sperma akan bergerak ke vas deverens dan duktusejakulatorius. Di dalam duktusejakulatorius inilah cairan yang dihasilkan pada sperma dan membentuk semen, hingga kemudian mengalir menuju ke uretra dan dikeluarkan saat ejakulasi.
Dan ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi proses tersebut sehingga akan terjadi yang namanya kemandulan.
Suhu di dalam testis, akibat demam berkepanjangan atau karena adanya panas dari luar yang berlebihan bisa menyebabkan berkurangnya jumlah sperma, bukan hanya berkurang dalam hal jumlah namun juga dapat mengurangi pergerakan sperma dan dapat menambah jumlah sperma yang abnormal di dalam semen.
Adanya penyakit yang serius di dalam testis, penyumbatan atau tidak adanya vas deferensi (kiri dan kanan) bisa menyebabkan sperma tidak terbentuk sama sekali.

Varikokel, adalah merupakan kelainan anatomis yang paling banyak ditemui pada kemandulan seorang pria.
Ejakulasi retrograd, akan terjadi jika semen mengalir melawan arusnya, yaitu jika semen mengalir ke dalam kandung kemih dan bukan ke penis.
Gangguan yang paling sering dialami oleh wanita mandul adalah gangguan ovulasi karena bila ovulasi tidak terjadi maka tidak akan ada sel telur yang bisa dibuahi. Madu Penyubur Al Mabruroh. Sedangkan salah satu tanda untuk wanita yang mengalami gangguan ovulasi yaitu haid yang tidak teratur atau tidak haid sama sekali sedangkan untuk penyebab dari kemandulan wanita seperti yang berikut ini:
Tertutupnya lubang saluran tuba, disebabkan karena infeksi, endometriosis, dan operasi pengangkatan kehamilan ektopik.
Adanya gangguan pada rahim, seperti haid yang tidak teratur atau tidak adanya haid sama sekali, dan adanya nyeri haid di luar kebiasaan.

Jika anda termasuk wanita yang sering merasakan nyeri haid dianjurkan untuk mengkonsultasikannya.
Penyakit radang panggul, merupakan satu peradangan pada tuba falopi yang menghubungkan indung telur dengan rahim.

Biasanya peradangan ini akan menyerang kedua tuba falopi dan infeksi bisa menyebar ke rongga perut dan menyebabkan peritonitis.
Keguguran yang lebih dari sekali, kegagalan dalam proses kehamilan secara spontan pada usia lebih dini atau sama dengan dua puluh Minggu.




Sedangkan menurut WHO berikut ini adalah ciri-ciri:
 1.sperma yang tidak baik secara makroskopis.

2.Tidak memiliki volume sekitar 2-5 mililiter.

3.Tidak berbau khas.

4.Tidak mencair dalam waktu kurang dari satu jam ketika berada di luar organ reproduksi.

5.Tidak berwarna putih keruh dan tidak kental.

6.Setiap mililiternya tidak berjumlah sekitar 20-40 juta dengan 30 persen diantaranya berbentuk normal.

7.Mobilitas yang tidak baik.




Terima kasih :)

Comments

Popular posts from this blog

Asam urat

Ginjal dan fungsinya

Fungsi jantung